Pages

Tuesday, December 31, 2013

Apa bedanya Android dan iOS

Hai guys ...
Mungkin diantara teman-teman yang baru melangkah untuk menekuni pemrograman mobile via Android dan iOS jadi pertanyaan mendasar ketika pertama kali memutuskan untuk menekuni salah satu dari platform tersebut.
Ada beberapa pertimbangan yang perlu dibuat untuk memutuskan apakah kita mau konsen ke salah satu atau dua-duanya.
Kebetulan saat ini aku mulai beralih ke iOS, dengan berbagai pertimbangan sebagai berikut :
  1. Pertimbangan pasar aplikasi gadget Android vs iOS. Bila kita ingin produk kita langsung menghasilkan dolar, maka platform iOS adalah pilihan terbaik. Karena Google Play memiliki aturan yang lebih ribet dalam sistem pembayarannya (dan Indonesia kayaknya belum di support) daripada Apple Store (iTunes).
  2. Pertimbangan banyaknya jumlah developer yang sudah menjejali Android, ini membuat persaingan menjadi semakin ketat dan peluang kita mendapatkan kue download menjadi terbatas.
  3. Di Google Play hanya berharap kepada Admob (sebagai publisher), sedangkan di Apple Store kita bisa berharap kepada keduanya.
  4. Tools buat pengembangan lebih lengkap iOS Developer program, disertai dengan banyak contoh dan dokumentasi yang langsung bisa di PDF-kan, sedangkan library di Android banyak yang disediakan oleh pihak ke 3, sehingga membuat aplikasi menjadi lebih besar ukurannya. Bagi programmer newbie di Mobile Apps yang belum memiliki laptop/pc Apple Mac OSX, saya sarankan untuk memilih Android dahulu sebagai media belajar dan membuat portofolio.
  5. Pembayaran bisa langsung di transfer ke Rekening Bank yang ada di Indonesia (hampir semua bank)
Nah, guys ...
Selamat memutuskan mana yang menurut agan-agan semua lebih enak dan enjoy. Bagi programmer Java, mungkin lebih cepat menguasai Android, tetapi bagi yang biasa pake C++ (si plus plus), pake XCode/iOS lebih asyik.

No comments: